Selasa, 02 September 2014

BYE...BYE...PEMBANTU...

Selama 9 tahun 11 bulan Dimanjakan dengan kehadiran Pembantu yang setia, tahu-tahu dihadapkan situasi yang mau tidak mau harus kami hadapi....PEMBANTU RESIGN.
Seperti Mimpi Buruk disiang bolong rasanya. Suami dan saya sama-sama bekerja, dan Saya punya DUA JAGOAN BANDEL berumur 11 tahun dan 5 tahun, yang tidak bosan-bosannya bikin rumah berantakan. Ditambah lagi Usia kehamilan ketiga saya yang sudah mendekati usia 8 Bulan.
Rasanya Nano-Nano dech.

Walaupun selama ini saya biasa masak sendiri, tapi urusan bersih-bersih dan Cucian yang menggunung sempat membuat Dunia saya Nyaris Runtuh. Hahaha.... Lebay banget ya, Hanya Masalah PEMBANTU RESIGN saja, bisa memporak porandakan kehidupan Saya yang notabene dari kecil sudah terbiasa BEKERJA KERAS. Berhari-hari uring-uringan dan DUA JAGOAN saya sempat jadi Sasaran kemarahan saya kalau pulang kerja mendapati Rumah seperti KAPAL PECAH DIHANTAM TSUNAMI.
Si sulung yang hoby banget bikin nangis adiknya sering terkena teriakan dan jeweran karena perbuatan usilnya. Sehari-hari ngomel, dan dikantor masih harus menghadapi masalah yang sepertinya tidak kunjung henti, Pokoknya WOW, banget!

Tapi lama-lama, jadi capek sendiri. Pikiran dan Tubuh saya jadi capek luar biasa hanya memikirkan PEMBANTU RESIGN dan sibuk putar otak cari pengganti yang sequalified pembantu lama. Walau teriak-teriak dan uring-uringan, toh nggak bikin cucian kotor mendadak bersih dan mulus sendiri kan?

Untung Suami saya type Suami yang luar biasa sabar. Sebelum tidur, dia mengajak berdiskusi pembagian pekerjaan. Masalah bersih2 rumah dan mengurus Kucing yang berjumlah 8, itu menjadi tanggung jawab dia sepenuhnya. Masalah cucian nggak usah ngoyo, lempar ke Laundry, kecuali underwear tentunya.
Tugas saya menyiapkan sarapan dan Masak secukupnya saja. Dan yang terpenting , Suami saya melarang saya buat bercapek-capek Ria, mengingat saya sudah hamil Tua. (Bahagianya dimanjain suami) Ternyata...SERU!
Jadi Ritual kami setiap pagi harus jami rombak TOTAL.

- Ada pembantu : Biasanya bangun jam 4.30, habis Sholat Subuh, kadang Bobok lagi 30 menit (Saya), Kalau Suami langsung utak atik Komputer atau Baca Koran. Biasanya saya siapkan Sarapan, pembantu saya yg memandikan si bungsu.

- Nggak ada Pembantu : Bangun jam 4.30, Ajak Si sulung dan si kecil Sholat Jamaah Subuh, rasanya nikmat sekali. Karena habis Sholat kami sempatkan memberi nasehat-nasehat tentang membiasakan diri hidup tanpa Pembantu, menyiapkan mental mereka untuk mengerjakan semuanya serba sendiri .Habis itu suami langsung bersih-bersih Rumah, Saya menyiapkan sarapan dan anak-anak bantu merapihkan tempat tidur. jam 5.45 saya siapkan air mandi, dan Si sulung saya beri tugas memandikan adiknya. SERU dan Full teriak-teriakan di kamar mandi memang, tapi saya biarkan, karena dengan begitu mereka jadi lebih akrab dan si sulung belajar ngemong adiknya. Si sulung berinisiatif melatih adiknya untuk belajar sikat gigi lebih bersih dan Mandi sendiri.
Terkadang saya geli kalau mendengar suara si sulung memerintah adiknya.
"Ayooo, bagian atas tuh, belum digosok.... nanti kalo gigimu bolong biar dicabut Pak Dokter lho..."
" Shamponya jangan banyak-banyak....nanti kena mata..."
" Ayoooo.... jangan main air mlulu...kakak telat sekolahnya nih...."

Biasanya kalau ada pembantu, kakak berangkat sekolahnya justru mepet-mepet jam masuk, sekarang tanpa pembantu jam 6.30 baik kakak maupun si kecil sudah sarapan dan siap berangkat sekolah. Dan saya pun sudah mandi wangi dan siap antar mereka berdua ke sekolah. Manfaat yang lainnya? Tubuh saya dan suami jadi tambah bugar, dan tidak pernah ngantuk lagi di Kantor. Biasanya yang parah tuh, Saya yang tiap pagi ngantor nyetir sendiri, kalau sudah masuk jalan Tol, langsung dech mulai merem melek nahan kantuk. Parah, kan? Dan tentunya sangat berbahaya!

Jadi...Baru nyadar kalau manajemen waktu itu nggak hanya di kantor saja harus diterapkan, di Rumah pun harus kita berlakukan juga secara kontinue, agar kita terbiasa.
Saya dan Suami jadi bisa berangkat bareng ke kantor, Biasanya saya ngacir duluan, sementara suami saya masih sarapan.

Nah, kalau sudah merasakan nikmatnya lebih dekat dengan keluarga tanpa kehadiaran pembantu begini, Saya mulai berani bilang deh..... Bye...bye..Galau...Bye..bye...pembantu. Hehehehe....
Sharing saya semoga bermanfaat ya, jadi nggak usah kelamaan ya galaunya kalau pembantu resign. Pasang Strategi dan tetap MOVE ON!!!

Ungaran 3 September 2014
TUH...JAGOAN KECILKU BANTU AYAHNYA....



1 komentar:

  1. Mbak yantiiii..... kok senasib sih sama akuuu? Ditinggal pembantu rasanya mo kiamattt!!!

    BalasHapus