Senin, 10 Desember 2012

CANDI GEDONG SONGO 9 September 2012

CANDI GEDONG SONGO 9 SEPTEMBER 2012

GEDONG SONGO
Amazing Weekend

Bingung mau Weekend tapi nggak punya Referensi Tempat yang Asyik?
Saatnya BACK TO NATURE...
Kebetulan anak-anakku nggak ada yang hobby nge MALL, Nggak kaya Bundanya nich. Hehehe...
Sabtu yang Cerah, nggak ada planning mau pergi-pergi. Niatnya pengen bersih-bersih rumah, atau beresin file-file kantor pertama dan keduaku yang berantakan.
Tapi, Pulang Sekolah Anakku yg sulung udah ribut-ribut. "Ayo bu, FAMILY TIME", pergi kemana gitu, (Anakku yang Sulung Sekolah di SDIT ASSALAMAH yang dari Senin sampai Kamis pulang jam 4 sore, Jum'at pulang jam 11 dan Sabtu jam 9 pagi, jadi buat dia hari Sabtu adalah hari yang paling dia tunggu-tunggu banget).

Yukkk, belanja sayur di Bandungan, usulku asal. Judulnya sih tetep..."Belanja", anak-anak hayooo aja sih. Jam 12 baru berangkat dari rumah. Masuk daerah lemah Abang ada papan "CANDI GEDONG SONGO", aku pikir, kenapa anak-anak nggak aku coba ajak kesana ya? Selain memperkenalkan Budaya negeri sendiri, juga bisa menjadi tambahan ilmu serta pengalaman buat mereka.

"Ke Gedong Songo aja ya?" celetukku spontan. Si sulung tanya "Apa itu buk?
Haduuhhhh... Dufan udah pernah, Bali beberapa kali, Kebun Raya Bogor dan Prigen udah....malah situs bersejarah yang jaraknya hanya beberapa kilometer dari rumah malah belum pernah dikunjungi. Diam-diam aku menegur diriku sendiri....payah kamu yannn.....

Sampai disana, betul juga, anak-anakku langsung Exited melihat Candi GEDONG SONGO, yang letaknya di lereng Gunung Ungaran, Desa Sumowono. Suasananya Misterius kata si sulung, karena dingin dan berkabut. Ada 2 cara untuk menikmati Panorama Seluruh bangunan candi. Mau jalan kaki, atau Berkuda.

SO FUN, EXITED, MENGUJI ADRENALIN...SERUUU
 Galau juga melihat Medannya yang bisa dibilang nggak main-main. Kalau jalan kaki dan di tengah jalan si bungsu minta Gendong? Beratnya 26 kg, nggak main-main juga nich.....
Alhasil kami pilih berkuda. Terakhir aku berkuda waktu masih kuliah semester V di Gunung Bromo. Dan sekarang, udah momy-momy, nyali nggak seperti dulu lagi, kok jadi deg-degan luar biasa. Keringat dingin langsung keluar melihat medan di depanku. Kiri jurang menganga, jalan naik turun terjal luar biasa. Entar kalau kudanya kepleset, entar kalau kudanya berontak....entar kalau......
"Bu....! Ayoooo bu! "Ariel si kecilku yang baru 3,5 tahun sudah duduk di pelana dengan santainya.
"Napa Yang...? Takut...?" Sindir suamiku di belakang. Hadeehhh....Gengsi dong dibilang takut di depan krucil-krucilku. Langsung aku naik ke pelana tanpa pikir panjang lagi. Ternyata...waduhhhh.....dari atas kuda pemandangan malah lebih ngeri lagi. Rasanya tangan dan kaki kaku semua. Nyesel luar biasa.....
"Bu....jangan tegang bu, santai saja!" Si Bapak yang nggandeng tahu saja kalau aku gugup.
"Santai piye pak...pak...hadehhhh....lha ini kudanya juga goyang-goyang begini jalannya..." protesku bisik-bisik. Malu dong didengar krucilku yang sudah teriak-teriak di depan sana dengan semangat tanpa takut sedikitpun melihat medan yang luar biasa mengerikan buatku.
"Kalau Kuda ya jalannya memang begini bu..."kata si bapak lagi geli.
"Jangan lupa ya bu, kalau jalanan menurun badan tegak, kakinya nempel di kudanya. Kalau jalannya naik, arah badan sebaliknya ya bu...."
"Halahhhh....embuhh pakkkk....pak....jangankan menata badan sama kaki, menata jantung biar nggak copot aja susah...." Kataku tambah galau. Si Bapak Ketawa.
DIANTARA PUING PENINGGALAN SEJARAH YANG LUAR BIASA

Subhanallah.....luar Biasa memang, Allah menciptakan kecerdasan dan ketrampilan yang luar biasa kepada nenek moyang kita. Membayangkan mereka membangun Bangunan seperti ini, di kawasan dan medan yang sulit luar biasa, tanpa bantuan alat berat, .....Sungguh mengagumkan.

Weekend kami kali ini menyisakan pengalaman yang sangat mengesankan. Si sulung dan si bungsu terus berceloteh di perjalanan pulang.
"Gimana ngangkat batu-batu besarnya naik ke gunung ya bu? Kan jaman dulu nggak ada traktor, nggak ada Excavator, Bull dozer....."
Hehehehe.... Itulah kuasa Allah yang menciptakan kepintaran pada Umatnya walaupun dijaman dahulu kala.

Ungaran, 9 September 2012















Tidak ada komentar:

Posting Komentar